Search This Blog

Monday, October 5, 2015

Kelahiran Hana

 

5 oktober 2015. Hari yang isyaAllah ga akan pernah mama lupakan. Hari ini anak pertama mama move on dari alam rahim ke alam dunia. Setelah menunggu selama kurang lebih 24 jam kontraksi tiada henti. Akhirnya naak, kamu brojol juga. Heuu

Jadi, dari minggu malam mama udah ngerasa gabisa tidur. Banget. Selang 30 menit kebangun mulu. Berasanya udah tanda-tanda lahiran banget. Dalam hati mama berharap Hana lahir hari ini soalnya tanggalnya cantiik. Haha bukan itu juga sih. Hari ini udah lewat 2 hari dari HPL. Mama udah ketar ketir dari 2 minggu sebelumnya karena bayi-bayi tetangga udah pada lahir di minggu ke 38. Hana kok belum belum aja.

Semakin mendekati pagi semakin sering kontraksi yang kerasa. Mama sampe keringet dingin nahan sakit. Jam 3 pagi jiddah ngecek mama ke kamar. Terus begitu ngeliat mama udah bercucuran keringat, jiddah nyuruh siap-siap. Gak lupa mama ngewassap papa, bilang kalo kita udah mau ke rumah sakit BMC. Mama bilang ke papa beli tiketnya ntar aja abis dicek di rs. Pas dicek ternyata udah bukaan satu. Mama kabarin papa dan ternyata papa terlanjur ngantor. Ngukur perjalanan kantor rumah bandara, akhirnya papa pesen penerbangan sore Jakarta-Padang.

Abis cek bukaan perawat BMC langsung nyuruh booking kamar. Dapetnya VIP A4. Atuk langsung ngangkat barang-barang buat nginep. Sementara mama mondar-mandir di lorong kamar ditemenin jiddah. Katanya biar cepet brojol kudu rajin jalan sama gerakan jongkok-berdiri-jongkok-berdiri.

Kira-kira jam 1 siang perawat manggil mama sama jiddah . Kami ke ruang bersalin untuk rekam jantung bayi sama vt buat cek bukaan. Mama udah ngarep banget udah naik sampe bukaan 5 atau 6 soalny udah kerasa sakit dan sering kontraksinya. Eh ternyata baru bukaan 2. Hiks! Dari ruang bersalin mama ga balik lagi ke kamar. Agenda mondar-mandirnya diterusin di dalam ruang bersalin aja. Sebentar-sebentar kerasa mules jadi mama sering ke kamar mandi tapi ternyata bukan mau BAB.

Jam 3 mama udah mulai ga kuat jalan. Setiap 3 menit kerasa kontraksi. Sesuai arahan dokter, mama naro tangan di dinding buat ngatur napas. Sebisa mungkin jangan ada acara teriak-teriak kesakitan karena bisa-bisa malah ngeden sebelum waktunya. Pas itu, mama ganti acara teriak-teriaknya jadi megang tangan jiddah sambil nangis lirih "ma sakit ma". "Allahu akbar Lahawla wala quwwata illa billah elsa", jiddah ngeralat keluhan mama.

Papa sebentar-sebentar nelpon nanyain gimana keadaan mama. Mama ngomong paling bentar aja soalnya tiap kerasa kontraksi gabisa fokus. Rasanya antara sakit bingung dan pengen nangis. Jadi banyakan telpon dari papa mama kasih ke jiddah. Kira-kira jam 4 sore papa nelpon lagi bilang "tunggu ya sa, jangan lahiran dulu". Di situ mama emosi. Aaaak ini udah sakit banget. Huhuu. Daaan pas dicek vt lagi sama perawat baru bukaan 3. Jam setengah 9 papa nyampe rs dan langsung masuk ruang bersalin. Mama udah gakuat jalan. Bariiiing aja di atas kasur. Baju udah ganti jadi baju rs. Sarung yang mama pakai udah basah merembes. Mama udah ge er aja tadinya itu pecah ketuban. Ternyata kata perawat itu hanyalah cairan dan fleks yang mengawali proses lahiran. Dan saat itu baru bukaan 4 menuju 5. WHAAAT!

Mama susah payah ngatur napas biar gak ngeden. Tapi mama beneran gak kuat gak teriak-teriak. Mama cengkram tangan papa yang berdiri di samping mama sambil sesekali teriakan heboh sembari nangis. Mungkin papa pas itu kesakitan juga tapi diem-diem papa pasti bersyukur harapannya terkabul, bisa ngeliat proses lahiran anaknya.

Di ruang bersalin cuma boleh ditungguin satu orang jadi yang masuk papa aja. Jiddah nunggu di luar. Nah jam 10 kurang oma Rita, tantenya papa dateng. Beliau pengen ngeliat mama jadi gantian sama papa. Huhuhuuu mama pas itu kesakitan tapi kan gengsi teriak kenceng-kenceng. Mama nangis-nangis tanpa suara aja sambil nyengkram kasur kuat-kuat. "Sakit tantee" kata mama. "Iyaa emang sakit. Tapi habis ini pengen punya anak lagi pengen lagi kok Sa". Dalam hati mama "aaah. Gak. Aku kapok!". Tapi ternyata apa yang dibilang oma Rita itu adalah sebuah kebenaran sejati. Hehehee..

Terus oma Rita cerita tentang tante Vivin yang caesar, tentang 4 anaknya yang semakin bungsu semakin besar berat lahirnya tapi semuanya normal. Apalagi yaa. Yang mama inget dua itu aja. Saat itu mama sibuk berdoa dalam hati "Ya Allaah kembalikan papa ke dalam ruangan ini!" Mama butuh pelampiasan rasa sakit. Huhuuu. Ternyata oma Rita langsung pulang jam 10. Beliau bilang ke papa, "Baru bukaan 6. Masih lamaa". Gantian abis itu papa masuk ke kamar kembali berdiri di samping ranjang. Mama langsung cengkram tangannya kuat-kuat dan langsung jejeritan lagi. Hehehe sakiiit abisnyaaa!!

Sekitaran jam 10 ini mulai timbul rasa-rasa pengen ngeden. Tapi mengingat masih bukaan 6, mama tahan-tahan. Sampai akhirnya mama udah gabisa nahan. Sambil ngos-ngosan mama tanya perawat "Sus, pengen ngeden banget. Boleh gak? Aku udah gak tahan". "Oh iyaa, ngeden aja kalo emang udah ada rasa pengen ngeden". Yeeeei!! Perawat lain manggil dokter dan mama sibuk ngeden sekuat tenaga. Begitu dokter datang, langsung episiotomi. Mama  ngeden bentar, dan terdengarlah isak tangis seorang yang dinanti-nanti. Alhamdulillah ya Allaaaah, legaa akhirnyaaaa seperti perasaan setelah menahan sakit perut yang sangat luar biasaa.

Begitu lahir Hana langsung pipis di badan mama. Perawat langsung meletakkan Hana di dada mama dan membantu Hana untuk IMD. Terdengar Hana menyusu sambil berdecap. Alhamdulillah nak, Hana lahir dengan sehat dan selamat. Saat itu mama tak henti-henti mengucap syukur. Alhamdulillah wa Syukurillah

No comments:

Post a Comment