Search This Blog

Monday, May 1, 2017

Villa Ternak Cikeray

Villa Ternak Cikeray merupakan wahana agrowisata edukasi ternak yang dikembangkan oleh CV Debo Sejahtera, salah satu perusahaan swasembada agraria. Wahana ini terletak di perbukitan antara kecamatan Cibeber (kota Cilegon) dan kecamatan Mancak.(kabupaten Serang).

Memasuki wahana ini, pengunjung dikenakan tarif 35.000/ mobil dan mendapatkan satu goodie bag berisi 2 botol air minum, 1 masker dan beberapa pakan ternak. Mengambil konsep ecopark, pengunjung diajak berinteraksi langsung dengan berbagai jenis hewan ternak. Interaksi yang diperbolehkan berupa melihat, memegang dan memberi makan. Tentunya, tidak membawa pulang. haha

Secara keseluruhan, wahana ini terbagi menjadi tiga area yaitu main hall (terdiri dari tempat makan, saung-saung dan loket karcis), area adventure (berupa sungai dengan arus rendah dan jalan menuju sungai tersebut) serta area pamer hewan ternak.

Bertepatan dengan tanggal merah (1 Mei) dan adanya bunda Tika di rumah, mama papa memutuskan untuk mengajak Hana dan tentu saja Bunda ke Villa Ternak ini. Di sini ada beberapa hal baru yang Hana pelajari, yaitu :

1. Mengetahui jalan dan kondisi sungai
Seinget mama ini pertama kalinya Hana berada dekat sekali dengan sungai. Meski gak ikutan nyemplung kayak anak-anak lain tapi Hana jadi tau sungai itu seperti apa. Hehe berhubung sedang musim hujan, air sungai tampak keruh sehingga papa gak rela kalau Hana sampai mandi-mandi. Apalagi gak kelihatan adanya area bilas.

2. Mengenal berbagai jenis hewan ternak
Karna Hana mulai bosan melihat sungai (hanya bisa melihat, tak bisa menyentuh padahal Hana pengen, hiks) akhirnya mama papa bertolak ke kandang hewan. Hewan pertama yang Hana lihat di sini monyet. Hana langsung bersorak melihat monyet. Pengen deket-deket tapi takut. Hahaiii

Selanjutnya, kita menuju kandang domba. Ada beberapa domba kecil yang diletakkan di kandang rendah sehingga bisa disentuh dan diberi makan. Tapi lagi-lagi di sini Hana takut. "Tuu tuuu mbeek mbeek", sahut Hana dalam gendongan papa.

Setelah melihat domba, kita ke kandang sapi. "Sapiiiiii moooooo". Sapi di sini berjenis limousin, berukuran sangat besar dan warna kulitnya beragam.

Setelah itu, kita beranjak menuju kandang unggas (hewan ternak yang ukurannya lebih kecil jadi bagi Hana gak menakutkan).

3. Berani memberi makan hewan
Untuk jenis-jenis unggas dan kelinci, Hana berani ngasih makan. Jenis unggas dalam villa ternak ini terdiri dari ayam, kalkun, angsa dan burung merpati. Makanannya berupa pelet dan jagung. Hana dibantu papa menebar pakan tersebut sehingga beberapa hewan mendekat dan sibuk mematuk di dekat kaki Hana.

Beberapa saat kemudian, tebaran pelet itu mengenai sepatu Hana. Ayam-ayam mulai berkerumun mendekat. Panik, papa pun mengangkat Hana dan kita pindah ke kandang kelinci.

Hana seneng banget ngeliat kelinci sampai-sampai Hana nangis begitu ada anak lain yang pengen liat kelinci juga. hahaha. Di sini Hana mulai coba-coba nyuapin potongan wortel ke kelinci terus teriak-teriak sendiri. Aiiih Hanaa


No comments:

Post a Comment