Search This Blog

Thursday, April 20, 2017

18 Bulan Hana : "Sendiri!!"

Gak kerasa Hana sekarang udah lewat 18 bulan. Yang artinya kurang dari 6 bulan lagi Hana udah harus disapih. Perlahan tapi pasti, Hana mulai lepas dari ketergantungan dan bantuan mama papa. Bahkan tanpa arahan mama papa Hana mulai melakukan beberapa aktivitas sendiri. Ga boleh dibantu orang lain. "Hana hanaa hanaaa", teriak Hana kalau mama papa berusaha membantu Hana. "Sendiri?", tanya mama. "Sendirii", sahut Hana.

Nah ini beberapa aktivitas yang mulai Hana lakukan sendiri :
1. Makan
Yah, walaupun pada akhirnya acak-acakan mama biarkan Hana makan sendiri. Adanya pencapaian artinya harus ada tahapan. Nah sekarang tahapan Hana adalah mencoba makan sendiri, belom sampai tahap ngerti makan yang rapi dan gak mubazir.

2. Bawa tas

3. Pasang sepatu

4. Pasang celana dan topi
Sebenernya Hana belom berhasil pasang celana sendiri. Hana baru bisa masukin kedua kaki ke dalam celana, belom bisa narik ke atas. Kalau baju sih, sama sekali belom bisa. Dan masalahnya mama mau arahin pun gak boleh sama Hana. Hananya malah nangis kesel. hihihii

5. Manjat-manjat / menaiki sesuatu
Kalau ini sebenernya berbahaya. Hana mulai naik motor sendiri, mulai naik kursi sendiri, mulai manjat jendela, dan manjat pagar dinding yang di dapur. Gara-garanya ngeliat mama kalau ngejemur selalu naik kursi atau pagar dinding itu. Hana menirukan dan setelah berhasil tersenyum sembari tepuk tangan. Mama papa cuma geleng-geleng kepala sambil menghembuskan nafas tanda khawatir. Kalau kepandaian yang ini tentu kami harus jaga-jaga betul nak!

No comments:

Post a Comment